DetailNews.id – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo (Suluttenggo) kembali menyelenggarakan ajang penghargaan tahunan bertajuk Marketing Award 2025, sebagai bentuk nyata komitmen perusahaan dalam mempercepat transformasi digital di bidang pemasaran serta meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan.
Dengan mengusung tema “Optimizing Digital Marketing, Increasing Sales and Revenue”, kegiatan ini melibatkan seluruh tenaga pemasaran dari tujuh Unit Pelaksana di bawah PLN UID Suluttenggo. Marketing Award 2025 tidak sekadar menjadi ajang kompetisi internal, tetapi juga merupakan platform strategis untuk menciptakan inovasi pemasaran yang berorientasi pada pelanggan (customer-centric) dan mendukung pertumbuhan bisnis berkelanjutan.
General Manager PLN UID Suluttenggo, Usman, dalam keterangannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah konkret untuk memperkuat budaya kerja kolaboratif di lingkungan PLN.
“Marketing Award kami hadirkan untuk mendorong kolaborasi antara Holding, Subholding, dan Anak Perusahaan dalam menangkap peluang pasar yang lebih luas. Lebih dari itu, inisiatif ini kami rancang untuk menghadirkan layanan yang lebih adaptif dan relevan bagi pelanggan, sehingga memberikan dampak nyata bagi masyarakat,” jelas Usman.
Sebagai bagian integral dari kegiatan ini, PLN UID Suluttenggo juga meluncurkan program unggulan bertajuk Marketing Talent Empowerment (MTE). Program ini dirancang untuk membentuk tenaga pemasaran yang unggul dan kompeten melalui penguatan growth mindset, peningkatan pengetahuan dan keterampilan, serta kemampuan mengubah ide menjadi inovasi nyata dan kompetitif.
Program MTE terdiri dari delapan tahapan, mulai dari Pra-Pembekalan, tiga sesi Online Coaching, Final Presentation dan Penjurian Tingkat UID, hingga Intensive Coaching. Untuk memastikan kualitas pelatihan, PLN UID Suluttenggo menggandeng MarkPlus Institute sebagai mitra strategis yang menghadirkan fasilitator terbaik di bidang pemasaran.
Usman menambahkan, inisiatif ini merupakan bagian dari strategi akselerasi transformasi bisnis PLN, khususnya dalam memperluas pasar berbasis permintaan (demand driven), meningkatkan penjualan tenaga listrik dan produk beyond kWh, serta menghadirkan layanan yang lebih personal dan sesuai kebutuhan pelanggan.
“Inovasi tidak hadir begitu saja. Dibutuhkan proses sistematis dan dukungan dari seluruh lini organisasi. Melalui Marketing Award, kami berharap muncul gagasan-gagasan segar yang mampu menjawab tantangan bisnis ke depan, sekaligus memperkuat nilai tambah layanan kami bagi pelanggan,” tutup Usman.
PLN UID Suluttenggo optimistis, Marketing Award 2025 akan memperkuat posisinya sebagai pelopor inovasi pemasaran di lingkungan PLN. Lebih dari sekadar ajang penghargaan internal, program ini mencerminkan transformasi menyeluruh PLN dalam menyelaraskan strategi bisnis dengan dinamika pasar dan kebutuhan pelanggan yang terus berkembang.
Dengan mendorong inovasi dari dalam organisasi, PLN UID Suluttenggo berupaya menciptakan solusi yang tidak hanya meningkatkan efisiensi dan pendapatan perusahaan, tetapi juga memberikan nilai tambah yang nyata bagi masyarakat sebagai penerima manfaat utama layanan kelistrikan.
Peliput : Irwansyah