Selasa, April 23, 2024
BerandaBolmutJejaring Panca Mandala Terbentuk, Siap Bumikan Pancasila di Bolaang Mongondow Utara

Jejaring Panca Mandala Terbentuk, Siap Bumikan Pancasila di Bolaang Mongondow Utara

DetailNews.id – Bertempat di ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP-RI) mendeklarasikan pembentukan Jejaring Panca Mandala (JPM) se – Sulawesi Utara bersamaan dengan penandatanganan nota kesepakatan antara BPIP RI dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersama Bupati/Walikota se – Sulawesi Utara. Kamis (14/07/2022).

Sulawesi Utara menjadi Provinsi pertama di Indonesia yang membentuk JPM hingga tingkat Kabupaten/Kota.

Ketua BPIP RI Prof. Drs. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D menjelaskan Panca Mandala adalah bagian dari ikhtiarnya untuk melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam pengendalian Pembinaan Ideologi Pancasila secara sinergis, efektif, efisien dan berdampak luas.

Karena itu, pihaknya ingin merangkum beragam pengalaman, inovasi, terobosan di berbagai level masyarakat ini dalam jejaring yang disebut Jejaring Panca Mandala.

“Kami berharap jejaring ini menjadi wadah berkumpul, berbagi tips, berkoordinasi, bekerja sama dalam rangka menjaga harmoni sosial, utamanya terkait Pembinaan Ideologi Pancasila,” Kunci Prof Yudian.

Sekretaris JPM Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Imaaduddiyn Guhung, S.Fil.I, ketika di hubungi oleh awak media ini mengungkapkan Tujuan JPM dibentuk adalah menjadi perpanjangan tangan BPIP RI di daerah – daerah guna membumikan Pancasila.

‘’Kenapa ini menjadi penting karena Pancasila adalah Ideologi Bangsa yang harus terus di jaga oleh seluruh warga bangsa. Pancasila bukan hanya sebagai teks, tetapi pancasila sebagai nilai yang pada akhirnya perilaku hidup anak bangsa akan terbentuk seperti perilaku kesopanan kepatuhan sebagai sikap yang pancasilais”, Jelas Imad.

“JPM Bolmut Insya Allah akan berkolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat. Baik di lembaga pemerintahan maupun swasta. Khusus untuk sekolah – sekolah, secara berjenjang akan diberikan edukasi kepada siswa – siswi tentang pentingnya menjaga nilai – nilai pancasila agar tumbuh kesadaran pada generasi muda usia sekolah dalam menjaga keutuhan Pancasila dan NKRI”, Ungkap Imaaduddiyn.

Imaaduddiyn menambahkan, di setiap daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota, JPM terdiri dari 5 unsur yaitu : Unsur Pemerintah, Unsur Akademisi, Unsur Pers, Unsur Ormas dan Unsur Pengusaha.

Berikut Susunan Jejaring Panca Mandala (JPM) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

1. Gandhi Goma S.H dari Unsur Pers (Ketua merangkap Anggota)

2. Imaaduddiyn Guhung S.Fil.I Unsur Ormas (Sekretaris merangkap Anggota)

3. Hamsa Lantapon S.IP dari Unsur Pemerintah Daerah (Anggota)

4. Rahmat Buhang S.Pt. M.Si dari Unsur Akademisi (Anggota)

5. Mohamad Kalonta S.E dari Unsur Pengusaha (Anggota)

(IR)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments