Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBolmutLapak Segar, Pasar Modern Pertama di Bolmut. Donnie: Kami Mengusung Motto “Belanja...

Lapak Segar, Pasar Modern Pertama di Bolmut. Donnie: Kami Mengusung Motto “Belanja Pas, Sesuai Kebutuhan”

DetailNews.id – Muhammad Alghifari Z. Nur, interpreneur yang akrab disapa Donnie, Owner sekaligus Pendiri Lapak Segar, ketika di wawancarai khusus oleh awak media ini, Senin (03/07/2022) mengungkapkan berbagai hal tentang Lapak Segar. Berikut ulasannya.

Pasar Modern

Apa alasan anda mendirikan Lapak Segar ini ?

Lapak Segar ini bertujuan untuk memberikan jaminan kenyamanan bagi konsumen, termasuk jaminan keamanan, higienitas dan kualitas produk yang kami tawarkan.

Kenapa anda menyebutnya pasar modern dan Apa bedanya dengan pasar tradisional ?

Jelas pasar modern dengan pasar tradisional itu sangat berbeda. Lihat saja, secara fisik sudah dapat dibedakan.
Akan tetapi, beberapa hal yang perlu diperhatikan, bahwa pasar modern itu menjamin sejumlah fasilitas, diantaranya tersedianya tempat parkir bebas biaya. Selain itu, kenyamanan berbelanja dengan mengedepankan antrian setiap pengunjung, kami juga memastikan pengunjung dapat memilih sendiri barang belanjaan yang sudah dilengkapi dengan harga satuan pada setiap display produk.

Lalu, Produk apa yang anda jual ?

Yang pasti, namanya pasar itu tentu menyediakan kebutuhan pokok. Sebagaimana pasar tradisional, berbagai kebutuhan pokok harian kami pastikan tersedia di Lapak Segar, termasuk ikan segar dan daging. Selain itu, kami menyediakan aneka buah segar, baik buah-buah lokal maupun didatangkan dari luar daerah, bahkan dari luar negeri sudah masuk dalam planning kami.

Belanja Pas Sesuai Kebutuhan

Apa maksud dari motto yang anda usung ?

Artinya, setiap konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda. Disini kami menjawab kebutuhan itu dengan menjual produk menggunakan satuan berat terkecil (ons). Kita sesuaikan dengan selera dan keinginan pembeli untuk kebutuhan belanjaannya. Sekali lagi, kebutuhan konsumen adalah hal utama sebagaimana motto kami, ‘Belanja Pas, Sesuai Kebutuhan’.
Misalnya, dengan uang Rp. 50.000 bisa berbelanja berbagai macam kebutuhan.

Darimana anda dapatkan produknya ?

Produk yang kami pasarkan berasal dari para petani, nelayan, peternak, pedagang yang berasal dari mana saja, selama mereka mau dan mampu memenuhi kebutuhan kami di lapak. Kami berharap akan lebih banyak pemasok produk berasal dari Bolmut ini, selain itu juga kami membangun jaringan dengan distributor dari luar.

Bagaimana sistem kerjasamanya ?

Nah, di Lapak Segar kami mengusung sistem kerjasama bagi hasil. Maksudnya, kami membuka peluang kerjasama dengan para petani, nelayan, peternak dan pedagang secara langsung. Apakah mereka ingin menitipkan barang dagangannya di lapak segar atau menjual langsung kepada kami, tinggal kita sesuaikan dengan keinginan mereka. Jika pilihan mereka hanya menitipkan produk, maka hasil penjualan itu yang kami bagi antara mereka sebagai pemasok produk dan kami sebagai penjual. Tentunya dengan aturan kerjasama yang kita telah sepakati bersama di awal.

Tentang tenaga kerja, waktu dan upah mereka bekerja, bagaimana pendapat anda ?

Di setiap outlet Lapak Segar, kami akan membutuhkan Enam tanaga kerja diantaranya 2 orang kasir, 2 pramuniaga, 2 Divisi kreatif serta seorang kurir.
Jam Operasionalnya mulai di buka pukul 07.00 pagi hingga tutup pukul 20.00 setiap hari, dengan mekanisme shift.
Untuk upah kerja, kami telah menghitungnya. Minimal setiap tenaga kerja mendapatkan upah sesuai UMP atau bahkan bisa diatas itu, ditambah dengan Tunjangan Hari Raya (THR).

Anda tadi menyebutkan setiap outlet, apa target anda kedepan ?

Iya benar. Tahun ini kami tengah mempersiapkan pendirian outlet – outlet baru. Kita targetkan tahun ini ada 34 outlet baru berdiri di wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo. Itu target jangka pendek kita, untuk jangka panjang, kita ke depan ingin outlet kita berada di seluruh wilayah Sulawesi hingga seluruh Nusantara.

Apa harapan anda kedepannya ?

Bagi saya dan tim, kebutuhan pasar modern di Bolaang Mongondow Utara ini sudah harus terjawab. Kami telah memulainya melalui hadirnya Lapak Segar. Tentu harapan kami, ini akan berjalan sukses sesuai rencana. Sistem kerjasama yang kami bangun juga memberikan keuntungan dan dampak lebih kepada para petani, nelayan, peternak dan pedagang secara langsung, demikian halnya dengan tenaga kerja.
Harapan saya dan Tim kedepannya, semoga outlet – outlet Lapak Segar yang baru nanti dapat membuka peluang kerja bagi masyarakat, khususnya di Bolaang Mongondow Utara. (IR)

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

Recent Comments