Senin, November 28, 2022
BerandaBoltimBawaslu Boltim Open Rekrutmen Anggota Panwascam

Bawaslu Boltim Open Rekrutmen Anggota Panwascam

DetailNews.id – Untuk memaksimalkan pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 yang tahapan pelaksanaannya sedang bergulir, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) telah membuka pendaftaran calon anggota Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam).

Pendaftaran di buka sejak rabu 21 September 2022 dan proses pendaftaran akan di tutup pada selasa 27 September 2022 mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Boltim, Harmoko Mando saat ditemui awak media detailnews.id di Tutuyan, dirinya menyampaikan kesiapan dan projek penerimaan berkas calon anggota Panwascam dibuka pada pukul 08.00 wita s.d 16.00 wita.

“Berdasarkan ketentuan perundang-undangan dan regulasi yang mengatur serta diperkuat dengan pedoman pembentukan Panwascam, kami telah mengumumkan dan melakukan penerimaan berkas calon Panwascam”, kata Harmoko Mando.

Mantan ketua umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Bolaang Mongondow ini menambahkan, pihaknya dalam proses perekrutan anggota Panwascam akan secara selektif dan objektif melakukan seleksi.

“Tentu kami dalam melakukan proses penerimaan calon hingga penentuan kelulusan anggota Panwascam di tujuh kecamatan pastinya akan bertindak normatif, tentunya berdasarkan koridor regulasi yang mengatur” tambah papa diva sapaan akrabnya.

Dirinya menegaskan, penentuan kelulusan di tentukan oleh masing-masing peserta yang mendaftar.

“Kemampuan individu terkait pemahaman kepemiluan dan tidak menyalahi ketentuan sebagaimana yang ditentukan undang-undang tentang larangan menjadi anggota Panwascam, kemudian memiliki kemampuan leadership, terampil, organizer, dan mampu bersikap sebagai Pengawas Pemilu tentu dapat melewati proses seleksi, pastinya proses seleksi tidak ada intervensi dari pihak manapun”, tegasnya.

Terpisah, Ignasius Renleeuw, Pokja Bawaslu Kabupaten Boltim untuk pembentukan Panwascam menjelaskan syarat administrasi yang perlu di siapkan menjadi anggota Panwascam Pemilu 2024.

“Menyediakan surat lamaran, daftar riwayat hidup, foto copy KTP, pas foto empat kali enam berlatar merah sebanyak tiga lembar, surat keterangan berbadan sehat dari rumah sakit atau puskesmas terdekat, surat izin dari atasan langsung jika berstatus ASN, surat pernyataan bermeterai sepuluh ribu” Sampai Ignasius.

Lanjutnya, terdapat persyaratan lain yang akan di penuhi setah lulus berkas dan mengikuti seleksi sebagaimana terjadwal, calon peserta diwajibkan memenuhi persyaratan administrasi yang ditentukan.

“Jika lulus nanti, calon Panwascam wajib menyediakan surat tidak pernah dipidana berdasarkan keputusan pengadilan, surat keterangan dari rumah sakit terkait bebas narkoba, dan syarat lainnya yang akan di sampaikan” Jelasnya.

Diketahui, untuk akses informasi dan memudahkan penyediaan berkas calon anggota panwascam secara mudah dapat di akses melalui link Bawaslu Boltim yakni https://bit.ly/pokja-bawaslu-boltim atau melalui media sosial instagram, Facebook, flyer Humas Bawaslu Bolaang Mongondow Timur, serta dapat berkunjung langsung di Sekretariat Bawaslu Boltim di Tutuyan.(War/Ang)

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

Recent Comments