Jumat, April 12, 2024
BerandaBolselBudi Utomo Di Jemput Dengan Adat Gorontalo Moloopu

Budi Utomo Di Jemput Dengan Adat Gorontalo Moloopu

DetailNews.id – Prosesi adat Moloopu ialah upacara yang dilakukan ketika seorang pemimpin atau seorang yang naik jabatan baru di daerah, yang telah dilantik secara kenegaraan, wajib dilantik secara adat.

Selain itu, tradisi ini sebagai bentuk penyambutan kepada pejabat baru, biasanya tradisi ini memperlihatkan aksi penjemputan secara adat dari kediaman pribadi menuju rumah dinas jabatan. Itulah mengapa jika prosesi adat ini merupakan sebuah keharusan untuk dilaksanakan di Wilayah kecamatan Helumo di karenakan masyarakatnya mayoritas suku Gorontalo.

Camat Helumo yang baru beberapa hari dilantik oleh Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Budi Utomo Koi, S.Pd di sambut dengan adat Gorontalo yang dikenal dengan Moloopu oleh masyarakat se-Kecamatan Helumo dan tokoh-tokoh adat.

Upacara penyambutan secara adat Gorontalo “Moloopu” ini di gelar di halaman kantor Kecamatan Helumo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Kamis(13/01/22)

Sekretaris Camat (Sekcam) Helumo Muh. Alan Mooduto, S.Pd menjelaskan, dengan adanya prosesi adat Moloopu ini, bisa menjadi edukasi tersendiri bagi masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Helumo, ucap Sekcam.

Sekcam Helumo Muh. Alan Mooduto
“Momen sakral seperti adat Moloopu dan lainnya ini harus dilestarikan. Supaya apa yang menjadi adat dan tradisi ini yang sudah biasa dilakukan tidak akan punah meskipun di tengah-tengah perkembangan jaman seperti ini”. Jelas Alan.

Sekcam juga menambahkan betapa pentingnya acara ini, serta tak lupa mengucapkan syukur atas terselenggaranya acara penjemputan adat.

“Alhamdulillah adat kita masih tetap kuat terjaga, dan tentu ini akan menciptakan suasana yang istilah prosesi adat adalah adab. Sebab apa yang dilaksanakan sesuai adat, yang pasti itu beradab.” tuturnya

Lanjut, kami belajar dari sisi adat ini, kedepan kami akan melaksanakan segala sesuatu, baik itu pelayanan masyarakat, penyelenggaraan pembangunan, dan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan lainnya.

“Ini semua tidak lepas dari apa yang namanya adat. Ketika kita melaksanakan sesuai dengan berlandaskan adat, atau dalam bahasa Gorontalo yaitu adabu, adalah sebuah aturan dan anjuran yang kita harus lakukan, tanpa melenceng dari adab dan agama.” Tutupnya.

Dalam pelaksanaan prosesi penyambutan Moloopu kepada Camat Helumo, Budi Utomo Koi, dengan secara adat, maka Camat Helumo sudah resmi melakukan kunjungan di 11 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Helumo.

Hadir dalam acara tersebut, Sangadi serta seluruh aparat desa se-Kecamatan Helumo, Babinkamtibmas, Kepala Puskesmas Duminanga, Kepala-kepala Sekolah, tokoh-tokoh adat Kecamatan Helumo dan Masyarakat.

(TD) 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments