Rabu, April 24, 2024
BerandaBolselDinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Gelar Bimtek Manajemen Pemerintahan Desa yang Diikuti oleh...

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Gelar Bimtek Manajemen Pemerintahan Desa yang Diikuti oleh 81 Sangadi Se-Bolsel

DetailNews.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Pemerintahan Desa.

Adapun kegiatan tersebut, diikuti oleh 81 Sangadi se-Kabupaten Bolsel, yang di buka langsung Wakil Bupati (Wabup) Bolaaang Mongondow Selatan (Bolsel) Deddy Abdul Hamid, bertempat di Atria Hotel Malang Provinsi Jawa Timur (Jatim), Senin (19/09).

Melalui kesempatan itu, Wakil Bupati (Wabup) Bolsel Deddy Abdul Hamid menyampaiakan apresiasi kepada kita semua, karena telah menginisiasi secara bersama-sama melalui pengalokasian anggaran di APBD dan APBDS.

“Sehingga kegiatan yang penting dan strategis ini dapat terlaksana dengan baik, dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapabilitas Sangadi dalam sistem perencanaan pembangunan di Desa serta meningkatkan kemampuan teknik dalam penyusunan segala bentuk Kebijkan Di Desa,” kata Wabup Deddy.

Menurut Wabup Deddy, pengalokasian dana desa dari APBN yang dilakukan berdasarkan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa tersebut, dapa memberikan pengaruh yang signifikan terhadap eksistensi Pemerintahan Desa.

“Oleh karena itu, khususnya 81 Desa se-Kabupaten Bolsel diharapkan mampu meningkatkan kapasitas manajerialnya dan mengimplementasikan manajemen pemerintahan desa yang baik “good governanace”, agar tujuan dan makna pemerintahan desa yakni kesejahteraan masyarakat dapat terwujud”, ucapnya.

“Untuk itu dalam meningkatkan pemahaman bapak/ibu Sangadi mengenai manajemen Pemdes maka kami Pemda berinsiatif mengajak bapak/ibu di Kota Malang ini karena daerah ini Sistem Pemerintahan sudah sangat baik,” tambah Wabup.

Wabup Deddy menghimbau, disini kita bukan sekdar jalan-jalan atau santai-santai, tapi kemudian bagaimana kita mampu belajar, mengambil hal-hal yang baik yang bisa kita bawa kembali ke desa masing-masing. “Sehingga pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat di Desa dapat berjalan dengan baik sesuai dengan prinsip tata pemerintahan yang baik”, himbau wabup.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Ramli Abdul Majid menyampaikan mari kita manfaatkan kesempatan yang cukup baik ini, agar semua materi yang disampaikan oleh narasumber dapat diikuti dengan baik.

“Saya berharap kepada seluruh sangadi se-Kabupaten Bolsel bahwa ilmu dari materi dapat di terapkan di desa masing-masing sesuai dengan kondisi dan kearifan lokal desa, Serta para peserta juga dapat menjaga kesehatan selama mengikuti kegiatan bimtek ini”, ujar Ramli Abdul Maijd.

Sebagai informasi, turut hadir pada kegiatan ini Kepala Balai Besar Pemerintahan Desa, Kepala Dinas PMD Sulut, Asisten 1 Setda Kabupaten Bolsel, Kepala Dinas PMD Kabupaten Bolsel, Bapak/Ibu Camat se-Kabupaten Bolsel, serta Bapak/Ibu Sangadi se-Kabupaten Bolsel.

(TD)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments