Sabtu, April 20, 2024
BerandaBolselDinas Perkimtan Bolsel Gelar Sosialisasi Program BSPS Kepada 13 Calon Penerima di...

Dinas Perkimtan Bolsel Gelar Sosialisasi Program BSPS Kepada 13 Calon Penerima di Desa Luwoo

DetailNews.id – Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Bolaang Mongondow Selatan menggencarkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Perkimtan, Sangadi Luwoo, Anggota DPRD Bolsel, Pendamping BSPS, Perangkat Desa dan 13 orang calon penerima Bantuan BSPS diaula kantor desa Luwoo, Rabu (31/08/2022).

Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) adalah bantuan pemerintah berupa stimulan bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk meningkatkan keswadayaan dalam pembangunan/peningkatan kualitas rumah beserta prasarana, sarana dan utilitas umum.

Program yang dicanangkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini dilaksanakan untuk mengurangi jumlah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan untuk memiliki rumah yang lebih layak, sehat dan nyaman.

Mengawali kegiatan tersebut Sangadi Luwoo, Fahrin Kamaru pada saat kami hubungi dalam via telepon mengucapkan terimakasih kepada pihak – pihak terkait dan mengajak masyarakat Desa Luwoo untuk memanfaatkan bantuan ini sebaik – baiknya guna meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidupnya. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi oleh Dinas Perkim dan pendamping BSPS lalu dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab calon penerima bantuan BSPS.

Sementara itu Kepala Dinas Perkimtan Bolsel, Ir Arman Dali ST mengatakan program ini khusus untuk masyarakat yang tidak memiliki rumah,  rumah tidak layak huni dan berpenghasilan rendah,” kata Arman.

Ia mengatakan, program BSPS merupakan program dari pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR.

Menurut dia, proses administrasi tersebut memerlukan banyak waktu dimana perlu adanya kelengkapan dokumen yang perlukan seperti administrasi kepemilikan lahan, serta koordinasi dengan sangadi dan masyarakat setempat.

Dirinya menjelaskan bantuan ini dari APBN (Kementerian) ada 13 unit Penerima Manfaat (harga Rp 20 Juta per unit) dan APBD (DAU) sejumlah 5 Unit dengan Harga 1 unit Rp 20 juta.

Ia juga tak henti-hentinya mengucapkan terima kasih untuk Almarhum Hi Herson Mayulu S.IP (H2M) atas program Aspirasi lewat dana APBN kementerian PUPR dan Bupati bersama Wakil Bupati Bolsel atas Program Bantuan Dana Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Dana DAU) Tahun anggaran 2022.

(TD) 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments