Jumat, Juni 14, 2024
BerandaNusa UtaraElly Lasut : Pembangunan Tower BTS Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Talaud

Elly Lasut : Pembangunan Tower BTS Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Talaud

DetailNews.id, Talaud – Hadiri pembangunan 8 Base Transceiver Station (BTS) sekaligus peletakan batu pertama oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud m DR. dr. Elly Engelbert Lasut, ME di Kelurahan Melonguane, Talaud, Senin (04/04/202)

“Puji Tuhan, satu lagi dari 28 BTS yang akan dibangun di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud “ujar Bupati DR.dr.Elly Lasut,ME usai meletakkan baru pertama BTS yang berlokasi di depan SMA Negeri 1 Melonguene.

Bupati Elly Lasut pembangunan tower BTS di wilayah Kabupaten Talaud merupakan salah satu pembangunan prioritas yang memiliki efek domino bagi pembangunan dan perekonomian serta membuka keterisoliran dari jaringan komunikasi khususnya kebutuhan internet.

Peletakan batu pertama pembangunan 8 menyusul 7 BTS yang telah di didirikan akhir tahun lalu. Sementara 13 BTS akan dibangun setelah tuntasnya pembangunan 8 BTS ini.

“Dengan adanya BTS ini maka seluruh proses administrasi pemerintahan secara umum, pelaporan, pertanggung jawaban dan pengelolaan keuangan akan lancar, cepat sesuai dengan tuntutan digitalisasi saat ini.”tandas Bupati E2L sambil menambahkan keberadaan BTS akan meningkatkan perekonomian masyarakat serta bidang pendidikan di era Pandemi Covid-19 ini.

Sementara itu, kepada Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Talaud.Dr. Imelda Tingginehe,SPt.Msi dalam laporannya menjelaskan bahwa pembangunan BTS ini merupakan Pogram 3T Kementerian Komunikasi Informatika Republik Indonesia melalui BAKTI (Badan Asekbilitas Komunikasi Informatika) POI (Point Of Interest).

Imelda menjelaskan kalau kegiatan ini merupakan kegiatan strategi Nasional, dalam menjawab akan transpormasi Digital. Dengan mempertimbangkan kebutuhan wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud yang masih terdapat daerah blank spot, sehingga program ini mendapat dukungan penuh dari Bapak Bupati Kepulauan Talaud DR. Dr. Elly Engelbert Lasut, ME dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga.

“Pada prinsipnya program T3 Kementrian Komunikasi& Informatika RI ini didukung sepenuhnya oleh Pak Bupati dan Wakil Bupati dan pelaksanaan program ini mengunakan kabel OPTIK Palapa Ring yang juga merupakan Program Kementerian KOMINFO RI khusus BAKTI.

Lebih jauh Imelda menjelaskan bahwa program ini dimaksudkan untuk menjawab Kebutuhan masyarakat di wilayah “Blank Spot” yakni 6 wilayah
Kecamatan masing-masing Kecamatan Kabaruan (desa Pangeran), Kecamatan Damau (desa Ihik, desa Taduwale, desa Akas), Kecamatan Tanpa’nama ( desa Bilang,desa Dampalan,desa Ganalo), Kecamatan Melonguane Timur (desa Bowongbaru) Kec. Melonguane (Point Of Interest/ POI), serta di Kecamatan Rainis.

“Yang pasti pembangunan BTS ini merupakan implementasi dan jawaban nyata atas Visi dan Misi Kepala daerah yaitu BERKAT yakni
Membuka akses komunikasi informasi di semua sector kehidupan, ekonomi, pendidikan dan kesehatan.”tandas Imelda Tingginehe.

Kegiatan Ground Breaking BTS di Melonguane ini turut dihadiri oleh para Pejabat Tinggi Pratama di Jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud, Pdt. Milton Lia, S. Th, M.Th, Inangu Wanua Melonguan Lindo, Camat Melonguane serta perwakilan PT Fiber Home(pelaksana proyek) dan awak media Desk liputan Pemkab Talaud.

(fjr)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments