Jumat, April 19, 2024
BerandaBoltimIkal Salehe : Bawaslu Boltim Sigap Bergerak Dengan IKP

Ikal Salehe : Bawaslu Boltim Sigap Bergerak Dengan IKP

DetailNews.id – Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Ikal Salehe beberkan bakal maksimal laksanakan pengawasan proses pelaksanaan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Pasalnya, Bawaslu Kabupaten Boltim sedang giat merancang Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) sebagai standar gerakan pengawasan dan menjadi referensi dalam melakukan pemantauan, serta menjadi parameter pencegahan terjadinya potensi masalah Pemilu. Hal ini diungkap Ikal Salehe saat ditemui awak media detailnews.id pada Senin 01/11/2022 di halaman Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Boltim, tutuyan.

Menurut Ikal Salehe, IKP adalah instrumen meredam terjadinya bentuk pelanggaran Pemilu 2024 baik yang di sengaja atau tidak.

“Pertama Bawaslu Boltim bergerak berdasarkan Undang-Undang 07 Tahun 2017 tentang Pemilu dan tetap memegang teguh Perbawaslu serta pastinya tidak menafikan perintah hierarki berdasarkan surat edaran pada setiap tahapan, selain itu Bawaslu Boltim merancang strategi pengawasan Pemilu dengan menciptakan IKP”, ungkapnya.

Mantan ketua umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah cabang Manado ini menjelaskan, IKP adalah sublimasi antara referensi pengawasan Pemilihan Legislatif 2019 dan Pemilihan Kepala Daerah 2020.

“Pengumpulan data IKP tentunya menyentil dimensi temporal yang mengawinkan analisis terkait penyelenggaraan sebelumnya, kemudian merumuskan projek strategis gerakan pengawasan yang efisien dan produktif dalam memaksimalkan pengawasan”, jelasnya.

Selain IKP, Ikal Salehe juga mendeskripsikan secara reel bentuk pengawasan yang sedang dirancang oleh divisi yang dinahkodai Nya.

“Kami pada tingkatan berjenjang Bawaslu saat ini telah memiliki Panwaslu Kecamatan yang siap mengawal pelaksanaan Pemilu 2024, kemarin selesai pelantikan, sumpah janji dan semangat mengawal demokrasi para barisan Panwaslu Kecamatan menggebu dan siap mengawal prosesi tahapan demi menghadirkan dan menghasilkan Pemilu sebagaimana yang diharapkan”, Pungkas Papa Dika sapaan karibnya.

(WA)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments