Jumat, April 19, 2024
BerandaBolmutJadi Penendang Bola Pertama, Wakil Bupati Buka Kegiatan Olahraga Dan Kesenian Desa...

Jadi Penendang Bola Pertama, Wakil Bupati Buka Kegiatan Olahraga Dan Kesenian Desa Duini

DetailNews.id – Dalam Rangka Memeriahkan Perayaan Hari Proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Indonesia ke 77 Tahun, Pemerintah Desa (Pemdes) Duini, Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar kegiatan Lomba Olahraga dan Kesenian. Minggu (14/8/2022).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara, Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP bertempat di Lapangan Hijau Desa Duini.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Amin Lasena menyampaikan apresiasi atas kegiatan tersebut.

“selama 4 tahun ini, saya terus memantau seluruh desa, khusus untuk Kecamatan Pinogaluman, Sangadi Desa Duini ini adalah salah satu sangadi paling Inovatif di Bolmut,” puji Amin Lasena yang disambut aplaus seluruh masyarakat Duini.

“oleh sebab itu, saya kalau di undang oleh Sangadi Duini, wajib bagi saya untuk datang,” ucap Wabup Lasena.

Lanjutnya, “kita ini tinggal mengisi kemerdekaan, maka kegiatan seperti ini sangat baik, apalagi di inisiasi oleh pemuda dan karang taruna. Tadi saya dengar ada lomba Pidato Bahasa Adat, ini wajib bagi pemuda, sebagai bentuk upaya kita melestarikan bahasa daerah kita, perlu di adakan lomba seperti ini, ini sangat positif,” tutup Wakil Bupati.

Ketua Panitia Pelaksana, Fahri Sosiang dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini mengangkat tema Membangun Semangat Kebersamaan, Pemerintah, Pemuda dan Masyarakat Desa, Dalam Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Lanjutnya, tujuan kegiatan ini antara lain. Pertama, sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kegembiraan masyarakat dalam menyambut hari kemerdekaan. Kedua, kegiatan ini juga untuk meningkatkan tali persatuan, semangat juang, dan memupuk jiwa sportifitas guna mendukung nilai – nilai Pancasila.

Sementara itu, untuk kegiatan yang diperlombakan, lanjut ketua panitia, diantaranya : Sepak Bola, Bola Kaki Dangdut, Senam, Sepak Takraw, Tenis Meja, Vokalia, Musikalisas Puisi, Lomba Tiktok, Pidato Bahasa Adat, Lomba MC, Lari Karung, Bakiak, Lari Kelereng, Memasukkan Paku dalam Botol, Makan Kerupuk, Tarik Tambang dan Sepeda Hias.

Sangadi Desa Duini, Sardjono Inggrina dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan inisiatif pemuda dan karang taruna desa, sehingga dirinya selalu dan sangat mendukung setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh anak – anak muda.

“sebagai pribadi dan pemerintah desa, tentunya saya sangat mendukung kegiatan seperti ini, apalagi ini dalam rangka mengisi hari kemerdekaan,” ungkap Sangadi Sardjono.

Terpisah, Tokoh Pemuda Desa Duini, Indrawan Matoka, S.H ketika dimintai tanggapannya oleh awak media mengungkapkan kebahagiaannya atas terlaksananya kegiatan ini.

“saya atas nama Panitia tentunya menyampaikan ucapan terima kasih secara khusus atas kehadiran dan kesediaan Wakil Bupati Bolmut, Pak Hi. Amin Lasena untuk menghadiri undangan kami panitia dan membuka kegiatan ini secara resmi,” ungkap Indra.

“saya juga mengucapkan terima kasih sebesar – besarnya kepada para donatur dan partisipan pada kegiatan ini, juga kepada pemerintah desa dan masyarakat. Saya yakin, tanpa bantuan semua pihak ini, tentu kegiatan ini tidak akan terlaksana dengan baik,” tutup Matoka.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut antara lain Wakil Bupati Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, Camat Pinogaluman Irawati Mooduto, S.Pd, Staf Khusus Bupati Abdul Samad Lauma, S.IP, Tokoh Masyarakat Tuntung Raya Bersatu Imaaduddiyn Guhung, S.Fil.I, Sangadi Duini Sardjono Inggrina dan Ketua Tim PKK Desa, Sangadi Dengi Abdul Izmal Bukoting, Kepolisian Sektor Pinogaluman, Tokoh Agama, Aparat Desa, Tokoh Pemuda, Karang Taruna, Mahasiswa KKM UBM Gorontalo dan Seluruh Masyarakat Desa Duini dan Desa Tetangga. (IR)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments