Senin, April 29, 2024
BerandaEdukasiPencegahan Radikalisme Dan Terorisme, Pelajar Dan Pemuda Harus Ambil Bagian

Pencegahan Radikalisme Dan Terorisme, Pelajar Dan Pemuda Harus Ambil Bagian

Ternate, DetailNews.id – Bidang Pemuda dan Pendidikan, Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Maluku Utara menggelar kegiatan diskusi, workshop dan lomba video pendek kreatif Indonesia tangguh, pelibatan pelajar SMA sederajat dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme, Selasa 3 Agustus 2021.

Kegiatan yang berlangsung secara daring itu, menghadirkan sejumlah narasumber, diantaranya Kabid Pencegahan BNPT Brigjen Pol. R Ahmad Nurwakhid, Akademisi dan Praktisi Film Swastika Nohara dan Kabid Pemuda dan Pendidikan FKPT Malut Ali Lating.

Ketua FKPT Malut, Dr. Mukhtar Adam, menyampaikan kegiatan tersebut atas inisiasi FKPT dengan semangat bersama pelajar dan pemuda yang terus berintegrasi untuk pembangunan ke depan, apalagi didunia serba digital sebagai moda transformasi sosial.

“Pola-pola pembelajaran disekolah misalnya juga telah berubah, dari luring (secara langsung) ke daring (jarak jauh),”kata Mukhtar, disela-sela kegiatan, Selasa 3 Agustus 2021.

Namun, menurut dia, tidak menjadi penghalang untuk selalu bersama melakukan upaya pencegahan terorisme, radikalisme dan intoleransi. Meski, sisi lain diwilayah bagian Timur, Tengah hingga Barat memiliki perbedaan waktu.

“Di Maluku Utara, upaya-upaya pencegahan terus dilakukan, semangat toleransi menjadi value tersendiri. Semoga, pelajar dan pemuda menjadi pelopor pencegahan terorisme, radikalisme dan intoleransi,”ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pengamanan Lingkungan Umum BNPT, Mario Humberto, menambahkan, untuk saat ini, penyebaran paham radikalisme dan terorisme dikalangan pelajar dan pemuda, terus digencarkan oleh kelompok radikal terorisme, terutama melalui media sosial.

Sebab, menurut Mario, bagi kelompok radikal terorisme pelajar dan pemuda menjadi target perekrutannya, karena disamping dianggap masih labil juga dapat dijadikan regenerasi untuk terus mengembangkan radikalisme dan terorisme.

“Ini yang harus kita waspadai bersama,”katanya.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments