Senin, November 28, 2022
BerandaBolselPeringati HUT RI-76 dan 10 Muharram, Pemdes Tolutu Gelar Doa Bersama

Peringati HUT RI-76 dan 10 Muharram, Pemdes Tolutu Gelar Doa Bersama

DetailNews.id, Bolsel – Dalam rangka memperingati 10 Muharram dan HUT RI ke-76 Tahun 2021 Pemerintah Desa Tolutu menggelar Do’a Bersama yang dilaksanakan di Masjid Al-falah Desa Tolutu pada Rabu (18/08/2021).

Hari Asyura atau hari ke-10 di Bulan Muharram dalam kalender Islam merupakan hari yang penuh sejarah. Beberapa riwayat menyebutkan banyak peristiwa penting yang dialami para Nabi pada hari Asyura. Karena itu, umat Islam umumnya menyambut hari Asyura dengan banyak mengambil pelajaran yang bermanfaat dari sejarah masa lalu. Salah satunya dengan berpuasa Asyura atau puasa di hari ke-10 Muharram.

Disebutkan bahwa, anjuran untuk berpuasa di hari ke-10 ini pahalanya sangat besar dan dapat menghapus dosa-dosa selama satu tahun.

Dari Ibnu Abbas ra. berkata Rasulullah saw. bersabda: “Siapa yang berpuasa pada hari ‘Asyura (10 Muharram) maka Allah SWT akan memberi kepadanya pahala 10.000 malaikat dan sesiapa yang berpuasa pada hari ‘Asyura (10 Muharram) maka akan diberi pahala 10.000 orang berhaji dan berumrah, dan 10.000 pahala orang mati syahid, dan barang siapa yang mengusap kepala anak-anak yatim pada hari tersebut maka Allah SWT akan menaikkan dengan setiap rambut satu derajat. Dan sesiapa yang memberi makan kepada orang yang berbuka puasa pada orang mukmin pada hari ‘Asyura, maka seolah-olah dia memberi makan pada seluruh umat Rasulullah saw. yang berbuka puasa dan mengenyangkan perut mereka.”

Doa bersama ini juga bertujuan untuk mewujudkan kecamatan Tomini khususnya Desa Tolutu Damai, Beriman dan Bertaqwa. Selain itu di masa pandemic Covid-19 ini diharapkan masyarakat aman dan terhindar dari wabah yang ada dengan selalu menaati Protokol kesehatan.

Dalam giat spiritual yang berlangsung khidmat tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh diantaranya
,Staf Ahli Bupati Bidang Agama Ustad Hajrin Saripi, Lc Kabak Ekonomi Bolsel  Suprin Mohulaingo, SH. MH Sangadi Tolutu  Hensi Dali, Mahasiswa KKM UBM Gorontalo, Tokoh Adat, Tokoh Agama Tokoh Pemuda Tokoh Perempuan serta Aparat Desa Tolutu

TD

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

Recent Comments