Jumat, April 12, 2024
BerandaNusa UtaraTerkendala Pasokan Listrik, Puskes Mangaran Belum Beroperasi

Terkendala Pasokan Listrik, Puskes Mangaran Belum Beroperasi

DetailNews.id, Talaud – Akibat belum adanya pasokan listrik, UPTD Puskesmas Mangaran yang terletak di Jalan Sawang, Desa Taduna Kecamatan Kabaruan belum dimanfaatkan.

Keadaan ini sangat dibutuhkan bentuk kepedulian Pemerintah Daerah dalam peningkatan pelayanan kesehatan UPTD Puskesmas Mangaran di Pulau Kabaruan. Bangunan yang memiliki 2 lantai tersebut dilengkapi dengan Ruang IGD, yang sedianya akan dimanfaatkan pada tahun 2022, akan tetapi masih terkendala dengan belum adanya Listrik yang terpasang di UPTD Puskesmas Mangaran yang baru tersebut.

Banyak Pihak yang terlibat dalam upaya pemanfaatan Gedung Puskesmas Mangaran, bahkan Camat Kabaruan Nelson A. Sarempaa, SE akan mengambil tindakan dalam upaya pembersihan gedung baru tersebut dengan melakukan kerja bakti bersama 12 desa di Kecamatan Kabaruan.

Selain itu, Forkopincam ikut serta agar upaya peningkatan Pelayanan Kesehatan di Kecamatan Kabaruan bisa ditingkatkan dan diupayakan dengan semaksimal mungkin.

” Kendati Puskes Mangaran ini belum beroperasi, namun kami bersama pemerintah desa dan masyarakat lakukan upaya pembersihan halaman bangunan agar tetap bersih,” ujar Camat Sarempa.

Terpisah, Kepala puskesmas (Kapus) Mangaran, dr. Grace Bambulu mengatakan sangat diharapkan bangunan Puskesmas Mangaran secepatnya dapat beroperasi untuk dapat digunakan demi pelayanan kesehatan masyarakat di Kecamatan Kabaruan.

” Kami pihak Puskesmas Mangaran maunya secepatnya pindah ke gedung Puskesmas yang baru karna gedung yang lama ini sudah sangat sempit beberapa bilik ruangan di tumpuk barang yang akan di pasang di gedung yang baru karna belum ada listrik sehingga barang-barang tersebut belum di pasang,” harap Bambulu.

Lanjutnya, belum lagi beberapa ruangan termasuk Ruang Inap atapnya sudah bocor dan rusak. “Dan kami sudah mengajukan proposal penganggaran di APBD Pergeseran,”ujarnya.
Sementara Kadis Kesehatan dr. Kerry Monangin, menjelaskan kendalanya listrik belum terpasang hal ini waktu pengerja PLN minta untuk menambah tiang, tapi di RAB tidak cukup untuk penambahan tiang sehingga tidak terpasang.(SS)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments