Rabu, September 27, 2023
BerandaNusa UtaraWabup Parapaga Pimpin Upacara Harikitnas ke- 114 Tahun 2022

Wabup Parapaga Pimpin Upacara Harikitnas ke- 114 Tahun 2022

DetailNews.id, Talaud – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud menggelar upacara Hari Kebagkitan Nasional (Harikitnas) ke- 114 Tahun 2022 di halaman depan Kantor Bupati Talaud. Peringatan Harkitnas ini mengambil tema “Ayo Bangkit Bersama”, Jumat (20/05/2022).

Sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara peringatan Harkitnas ke-114 tersebut adalah Wakil Bupati Talaud  Drs Mokhtar A. Parapaga. Kegiatan tersebut di hadiri para Pimpinan Forkopimda beserta kepala-kepala Dinas serta Aparatur Supil Negara (ASN).

Wakil Bupati Talaud Mokhtar A. Parapaga, saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate mengatakan
Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-114 sebagai bentuk seruan  untuk kita bangkit bersama  dari pandemi covid19 yang suda dua tahun terakhir melanda.

Kebangkitan nasional kita memaknai dalam sisi historis. Dari historis kita belajar kebangkitan
organisasi Budi Utomo, yang pada tanggal 20 Mei 1948 Presiden Sukarno, menetapkan hari lahir Budi Utomo disaat Indonesia hadapi penjajahan Belanda.

Semangat persatuan yang digagas Budi Utomo, diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahannya bangsa Indonesia, Budi Otomo lahir untuk mengejar ketertingggalan Indonesia dari bangsa-bangsa lain.

Semngat Budi Utomo masi relevan untuk kita konstektualisasikan pada  kehidupan berbangsa di tengah krisis covid19, konflik Ukraina dan ketidakpastian geopolitik.

Mokhtar juga menyampaikan data Covid19 bahwa upaya kita suda menujukan hasil positif terhadap penanganan covid19. Meskipun demikian kita tetap waspada. Pemerintah juga sedang memperbaiki pemulihan ekonomi dalam negeri.

Selain itu Mokhtar, juga menyampaikan tentang Indonesia sebagai tuan rumah G2O. Indonesia mengusung 3 isu prioritas pada pertemuan G2O diantaranya,  Arsitektur kesehatan global yang inklusif, Transformasi berbasis digital dan Transisi energi berkelanjutan.(SS) 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular

Recent Comments