Rabu, September 27, 2023
BerandaNusa UtaraBabinsa Koramil-01/Kabaruan Bangun Karakter Siswa SDN Inpres Pangeran dan Taduna

Babinsa Koramil-01/Kabaruan Bangun Karakter Siswa SDN Inpres Pangeran dan Taduna

DetailNews.id, Talaud – Sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, Babinsa Koramil-01/Kabaruan yakni Serka Karunya Maitulung, Sertu Alprit Tuwongkeseng, Sertu Juanda Garing, Serda Rommy Saraung dan Kopda Marlon Atang, gelar giat pembentukan karakter dan pendisiplinan terhadap Siswa SDN Inpres Pangeran.

Dimana, sudah termasuk materi membumikan Salam Pancasila dan Peraturan Baris Berbaris(PBB) di dua sekolah yakni SDN Inpres Pangeran dan SDN Inpres Taduna, Senin lalu.

Serka Karunya Maitulung mengatakan, bahwa membentuk kedisiplinan dan karakter generasi penerus bangsa sudah menjadi tugas dan tanggung jawab dari semua pihak. Ditanamkan mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar tempat tinggal.

“Giat tersebut merupakan salah satu pembinaan teritorial bagi satuan komando kewilayahan terhadap anak didik yang berada di wilayah binaan. Sudah menjadi tugas kami selaku TNI untuk membentuk disiplin dan karakter siswa siswi sejak dini,” ungkap Serka Karunya Maitulung.

Menurutnya, kami mengajak peserta didik baru agar tetap waspada dan selalu mempunyai jiwa Patriotisme demi menjaga tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI) dengan jalan rajin belajar, sebagai tulang punggung dan generasi penerus bangsa, siswa/pelajar harus belajar lebih giat untuk mencapai prestasi setinggi-tingginya, menjauhi segala bentuk tindakan negatif seperti pergaulan bebas, tawuran, miras dan narkoba, serta berbuat yang terbaik bagi diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara.

Babinsa juga menekankan kepada siswa siswi, sebagai warga Negara harus tahu sejarah yang benar tentang perjuangan bangsa Indonesia, punya rasa cinta tanah air, jiwa patriotisme, menghargai perbedaan budaya, adat istiadat, termasuk menghargai perbedaan agama di Indonesia.

“Sebagai insan yang berpendidikan di harapkan para siswa bisa menjadi contoh bagi masyarakat,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Babinsa mengingatkan agar dalam kegiatan tetap mematuhi anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan serta ikut dalam kegiatan vaksinasi covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di harapkan kita jangan takut dengan vaksin Covid-19.

Sementara, Danramil 1312-01/Kabaruan Letda. Inf. Isak Mangimpis, mengatakan pemberian materi membumikan Salam Pancasila dan PBB yang dilakukan oleh para Babinsa ke sekolah-sekolah ini juga disesuaikan dengan situasi dan kondisi dalam arti bagaimana dalam pemberian materi membumikan Salam Pancasila dan PBB kepada anak-anak SD ini harus memakai bahasa yang sangat sederhana karena mereka masih anak-anak dan tentunya harus ada pola yang sangat cermat dan tepat sehingga materi ini mampu dipahami dengan baik.

“Jadi, selain materi ucapan salam Pancasila dan PBB. Kami juga mensosialisasikan tentang bahaya narkoba. Karena narkoba sekarang ini sudah dikemas dalam bentuk permen, jenis kue dan makanan permen. Sehingga itu, disarankan kepada siswa kalau membeli makanan jajanan supaya berhati-hati,” jelas Mangimpis.(SS)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular

Recent Comments