Rabu, April 24, 2024
BerandaManadoGiat BAZNAS Manado Sosialisasi dan Pembentukan Unit Pengumpul Zakat UPZ se Kecamatan...

Giat BAZNAS Manado Sosialisasi dan Pembentukan Unit Pengumpul Zakat UPZ se Kecamatan Sario-Malalayang

DetailNews.id – Kegiatan sosialisasi zakat dan pembentukan UPZ Masjid Se-Kota Manado yang dilaksanakan di Kecamatan Sario dan Malalayang, berjalan dengan baik dan seksama, (18/7/2022)

Acara yang dilaksanakan di aula kantor kementrian agama kota manado itu di hadiri oleh Ketua Baznas Manado Taufik Permata SE, KUA Sario Husen Buhari, KUA Malalayang Syaugi Alkatiri dan sebagai Narasumber Wakil Ketua I Baznas Manado Hindun Alhasni SE disambut antusias oleh Badan Ta’mirul Masjid BTM dan Unit Pengumpul Zakat UPZ yang juga sebagai peserta.

Dalam sambutannya Ketua Baznas kota Manado Taufik Permata SE, menjelaskan kegiatan hari ini adalah bagian dari ikhtiar Baznas Manado untuk membangun kerjasama dengan seluruh Masjid Sekecamatan Sario dan Malalayang,
Melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masing-masing Masijid. Beliau juga mengharapkan suport dari BTM dan imam, agar pengelolaan dana bisa dilakukan secara profesional dan pola pemberdayaan zakat produktif kepada 8 golongan asnaf lebih tertata dan teratur dengan baik.

“Kegiatan hari ini adalah bagian dari ikhtiar Baznas Kota Manado untuk membangun kerjasama dengan seluruh masjid yang ada di kecamatan sario-Malalayang. Tidak hanya itu, Baznas Kota Manado dalam rangka memberdayakan UPZ tentunya kami membutuhkan Support dari BTM dan Imam agar UPZ dapat berkerja secara maksimal dalam mengumpulkan dana zakat dan infak”. Ujar Taufik.

“Tambahnya, Sejauh ini potensi dana zakat dan infak yang diberikan umat dimasing-masing masjid sangat besar. hanya saja perlu pengelolaan yang profesional agar pola pemberdayaan zakat produktif kepada 8 golongan Asnaf yang di Maksud oleh Al Quran dan Undang-Undang lebih teratur dan tertata dengan baik. Makannya perlu agenda sosialisasi dalam rangka menyatukan Visi-Misi Baznas Manado dengan BTM, Imam dan UPZ dimasing-masing masjid Kecamatan Sario dan Malalayang”. Tutur Ketua Baznas Kota Manado.

Dalam kesempatan yang lain, Wakil Ketua I Baznas Manado Hindun Alhasni memberikan edukasi terkait pengelolaan dana zakat dan infak kepada BTM dan UPZ yang hadir sebagai peserta kegiatan sosialisasi tersebut. Materi yang diberikan berkaitan dengan Program-Program Baznas dalam 5 Tahun kedepan, perzakatan, Undang-Undang No 23 Tahun 2011, PP No 14 Tahun 2014 sebagai pelaksana dari UU No 23 Tahun 2011, Peraturan Baznas RI No 2 Tahun 2016 tentang Pembentukan UPZ di Instansi BUMN, BUMD, Masjid.

Di akhir penyampaian materi, Hindun Alhasni menginformasikan kepada semua peserta. Bahwa kegiatan sosialisasi dan pembentukan UPZ Masjid ini akan dilaksanakan di setiap kecamatan se-Kota Manado dan ini dimulai dari dua Kecamatan Sario-Malalayang.

“Kegiatan sosialisi dan pembentukan UPZ Masjid ini akan dilaksanakan di setiap kecamatan Se-Kota Manado. Dan hari ini kita mulai dari Kecamatan Sario-Malalayang dan akan terus berkelanjutan ke kecamatan-kecamatan yang lain”. Tutup Alhasni.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan sesi tanya jawab antara peserta dan pemateri yang berakhir pada pukul 16.30 Wita.

(FM) 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments