Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBoltimHarmoko Mando, Bangga Pakaian Adat Bolmong Hiasi Istana Negara 

Harmoko Mando, Bangga Pakaian Adat Bolmong Hiasi Istana Negara 

DetailNews.id – Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 digelar di istana Merdeka Jakarta, pada rabu 17/08/2022 yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara.

Menariknya, peringatan hari kemerdekaan disajikan dengan bertabur pakaian adat yang digunakan oleh masing-masing tamu undangan.

Presiden Joko Widodo dan ibu Iriana menggunakan pakaian adat Buton, Sulawesi Tenggara. Bercorak merah putih.

Sementara itu, Benny Ramdhani putra daerah Totabuan, selaku kepala Badan Perlindungan Pekerja Migrasi Indonesia (BP2MI) yang terkenal dengan aksi heroiknya sebagai seniman politik nasional, dan terbiasa tampil di depan layar menggunakan pakaian Jas mewah. Pada kesempatan itu menggandeng istrinya, Sri Tanti Angkara, hadir memenuhi undangan spesial menggunakan busana adat Bolaang Mongondow.

Kehadiran pakaian adat Bolaang Mongondow tersebut ternyata menuai pujian dari Harmoko Mando, tokoh muda progresif milik Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yang berkiprah di dunia kepemiluan.

Menurutnya, pakaian adat yang dijaga dan dilestarikan melalui upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kabupaten, resepsi pernikahan, pawai adat, atau penjemputan tamu. Kini di promosikan secara nasional oleh elit politik Bolaang Mongondow.

“Salut kepada bapak Benny Ramdhani dan ibu Sri Tanti Angkara”, Kata Harmoko Mando kepada DetailNews.id

Lanjutnya, momen langkah itu terekam kamera dalam vidio live streaming akun resmi YouTube sekretariat presiden yang menayangkan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 77.

“Saat diperhatikan, jelas pada tayangan kanal YouTube menayangkan pesona indah pakaian adat Bolaang Mongondow yang dikenakan pak Benny dan Istri”, tambah Harmoko.

Dirinya menjelaskan, corak mewah dan keagungan pakaian adat itu adalah jenis Baniang dan Salu’ yang dikombinasi hingga terlihat indah.

“Benny Ramdhani mengenakan Baniang, pakaian adat pria suku Mongondow, dipadukan dengan Sapoyo Mogilenso bo Salimpalan. Kemudian Salu, pakaian adat wanita berwarna hitam dipadukan dengan jilbab merah, serta ditempelkan beberapa perhiasan adat, Bandang dan Lingkit dikenakan oleh istri”, terang mantan Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Bolaang Mongondow yang juga saat ini merupakan Ketua Bawaslu Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

(WA/Ang)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments