Jumat, April 12, 2024
BerandaNusa UtaraPemkab Talaud kembali menggelar Festival Mane'e di Pulau Intata Nanusa

Pemkab Talaud kembali menggelar Festival Mane’e di Pulau Intata Nanusa

DetailNews.id, Talaud – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud kembali menggelar Festival Mane’e di Pulau Intata, Kecamatan Nanusa-Talaud, Sulawesi Utara. Rabu (25/05/2022)

Festival yang digelar kali ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Festival yang biasa digelar pada siang hari, kali ini dimulai pada malam. Meskipun demikian antusias masyarakat untuk mengikuti Festival kali ini sangat banyak. Tidak hanya masyarakat dari lokal atau Talaud, tetapi ada wisatawan dan masyarakat dari luar daerah.

“Saya sangat senang bisa mengikuti Festival yang diselenggarakan oleh Pemerintah Talaud di kepulauan Intata, saya lihat bayak juga para pendatang dari luar. Ini kali pertama saya ikuti. Semoga kedepan terus dilestarikan. ” Demikian yang disampaikan Widyah, salah seorang wisatawan dari Bandung yang mengikuti Festival Mane’e.

Sementara itu, Wakil Bupati Talaud Mokhtar A. Parapaga menyampaikan kepada media ini, bahwa Festival Mane’e akan terus dilestarikan. Dia juga menyampaikan kurang lebih 3000 yang hadir mengikuti dan meramaikan Festival Mane’e.

Festival Mane’e sebagai wujud sukur masyarakat. Ikan-ikan dipangil dengan daun kelapa yang masi muda. Jelas Mokhtar

Selain itu, Dia menambahkan bahwa Festival Mane’e merupakan kearifan lokal yang suda berlangsung sejak lama. Ini kemudian terus dilestarikan oleh generasi penerus.

Perlu diketahui bahwa Mane’e merupakan upacara adat yang menangkap ikan dengan cara tradisional. Mengunakan daun kelapa yang masih mudah. Festival ini terus dilestarikan dan digelar setiap tahun oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud.(SS) 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments