Kamis, April 25, 2024
BerandaMitraJaga Akurasi Data Pemilih, KPU Mitra Gelar Rakor DPB

Jaga Akurasi Data Pemilih, KPU Mitra Gelar Rakor DPB

DetailNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) telah melaksanakan Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) untuk periode Juli  tahun 2021 tingkat Kab Mitra.

Sehubungan kondizi pandemi Covid-19 belum membaik, kegiatan tersebut digelar secara daring  pada Rabu,  04 Agustus 2021.

Rapat Koordinasi  Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) untuk periode Juli tahun 2021 kali ini dihadiri oleh Ketua beserta anggota KPU Kab Mitra, Bawaslu Kab Mitra, Dinas PMD Mitra, Dukcapil Mitra, serta perwakilan dari Partai Politik.

Proses Rekapitulasi dibuka oleh Ketua KPU Minahasa Tenggara, Wolter H. Dotulong, dalam sambutan pembukanya menyampaikan Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Juli ini diadakan via Zoom Meeting dikarenakan meningkatnya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Minahasa Tenggara. Namun walaupun kegiatan ini dilakukan secara daring, tidak mengurangi esensi dari PDPB.

Dari Hasil Rekapitulasi yang dibacakan oleh Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi (Candain) KPU Mitra, Hensly Pelleng, pada Periode Juli, didapat Jumlah Pemilih Bulan Berjalan sebanyak 84.713 (delapan puluh empat ribu tujuh ratus tiga belas) dengan rincian Pemilih Baru sebanyak 76 (tujuh puluh enam) dan Jumlah Pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 47 (empat puluh tujuh).

Rakor DPB pada kesempatan kali ini adalah Rakor DPB untuk terakhir kalinya yang dilaksanakan pada setiap bulan sesuai dengan Surat Ketua KPU RI Nomor: 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021, tanggal 4 Februari 2021, selanjutnya setelah keluarnya Surat Ketua KPU RI Nomor:  366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021, tanggal 21 April 2021, maka Rakor DPB yang akan datang  dilaksanakan pada setiap 3 bulan sekali, yaitu bulan Juni, September dan Desember .

Selain itu KPU Kabupaten/Kota juga diminta tetap melakukan rekapitulasi  Daftar Pemilih Berkelanjutan per bulan  dan menyampaikan Daftar Pemilih Berkelanjutan yang mengalami perubahan setiap bulan byname by polling station. Hal ini sebagai upaya dari KPU untuk memastikan akurasi daftar pemilih.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments