Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBoltimKedatangan Sultan Ternate Ke Boltim, Kenang Sejarah Besar Kerajaan Bolmong

Kedatangan Sultan Ternate Ke Boltim, Kenang Sejarah Besar Kerajaan Bolmong

DetailNews.id – Datangnya Sultan Ternate ke 49 Hidayatullah Sjah ke Kabupaten Bolaang Mongondow Timur seakan mengenang kembali sejarah besar kerajaan Bolaang Mongondow Negeri Para Bogani.

Jika kita sekilas kembali ke abad abad 15 hingga 20, dimana antara kerajaan Ternate dan Bolaang Mongondow terjalin diplomasi baik dalam konteks budaya, ekonomi, serta perdagangan. Dalam catatan pada masa kerajaan terjadi beberapa pertemuan antara Sultan Ternate Mandarsyah dan Raja Loloda Mokoagow di Pulau Bangka pada Adab ke 17. Ini kemudian menjadi satu alasan Sultan Ternate Ke 49 ini, datang ke Ke Bolaang Mongondow.

Diketahui, kedatangan Sultan Ternate Ke Boltim 04 Agustus 2022 disambut langsung olah Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sam Sahrul Mamonto S.Sos di kantor Bupati.

Saat di wawancarai sejumlah awak media, Sultan Ternate mengakui bahwa dirinya masih berdarah Mongondow yakni dari Ibunya yang merupakan keturunan dari Raja ke 18 Datoe Cornelis Manoppo. “Saya masih berdarah Mongondow, yaitu dari ibu bermarga Manoppo,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa dirinya akang memberikan gelar kehormatan kepada Bupati Totabuan paling timur ini. “Kami juga akan memberikan gelar kepada pak Bupati yaitu gelar Salahakan. Salahakan adalah Wakil Sultan yang ditempatkan di wilayah yang dulu pernah diduduki oleh Kesultanan Ternate, berdampingan dengan Raja Mongondow, dan ini kami wujudkan kembali dengan satu tujuan yakni membangun kebudayaan demi mewujudkan pariwisata yang lebih maju ,” Jelasnya. (Ang)

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

Recent Comments