Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaEdukasiPerangi Narkoba, UNIMA Jadi Kampus Bersinar Pertama di Sulut

Perangi Narkoba, UNIMA Jadi Kampus Bersinar Pertama di Sulut

DetailNews.id – Dalam rangka memerangi pengedaran dan penyalahgunaan narkoba, Universitas Negeri Manado (Unima) menjadi kampus pertama di Sulut yang menjadi kampus Bersih Dari Narkoba (Bersinar) dan memiliki Tim Satuan Tugas. Hal ini mendapat dukungan penuh dari Rektor UNIMA.

Dalam arahannya Di Kantor Pusat UNIMA, Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd. selaku Rektor rmenyampaikan bahwa mahasiswa sebagai kaum intelektual harus menjadi garda terdepan mengantisipasi peredaran narkoba, Senin (01/08/2022).

“Anda-anda harus menjadi garda terdepan dalam gerakan anti narkoba. Jangan sampai menggunakan narkoba yang dapat menjerumuskan kita sehingga masa depan hancur,” tegas mantan dekan Fip Unima ini.

“Jaga diri tanpa narkoba, jadilah teladan bagi orang lain. Anda sebagai Tim Satgas Bersinar akan diberikan tugas menjadi duta pencegahan peredaran narkoba di kampus maupun di masyarakat,” ucap rektor.

Tugas ini, lanjut rektor, akan dilakukan bersama BNN RI, BNN Perwakilan Sulut dan Unima. “Jadi adik-adik mahasiswa akan diperlengkapi dengan pelatihan, dalam rangka pencegahan peredaran narkoba teknisnya nanti dari BNN,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Prof. Dr. Beatrix Podung yang turut didampingi Recky H. E. Sendow SP., MM., PhD menerangkan, bahwa para mahasiswa utusan fakultas ini akan bertugas sebagai Satgas Bersinar.

Satgas Bersinar ini, kata Podung, bertugas mengantisipasi permasalahan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika di kampus maupun di tengah-tengah masyarakat. “Pada tanggal 11 Agustus bertempat di Kampus Unima, semua mahasiswa utusan ini akan mengikuti pelatihan langsung dari Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose, kemudian dilantik,” jelas Podung.

Belum lama ini, Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose menerangkan, bahwa BNN yang merupakan leading sector penanganan permasalahan narkotika di Indonesia memiliki tanggung jawab dalam memberikan edukasi bahaya narkoba kepada masyarakat, termasuk kepada generasi muda.

Terkait dengan hal tersebut, BNN terus mengampanyekan dan menjangkau kampus-kampus maupun sekolah dan menyampaikan materi tentang permasalahan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika melalui “Gerakan Anti Narkoba”.

Perlu diketahui, dalam rangka mengampanyekan “Gerakan Anti Narkoba” tersebut, maka Unima dan BNN RI, BNN Sulut akan menggelar kegiatan yang dilaksanakan, Kamis (11/8/2022) mendatang dan akan dihadiri langsung Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose.

Kegiatan ini turut dihadiri Humas Unima Drs. Titof Tulaka, SH, MAP, para wakil dekan Bidang Kemahasiswaan, serta 252 mahasiswa utusan per fakultas.(Ryan) 

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

Recent Comments